Menurut pendapat saya etika pergaulan bisnis dapat
dibagi menjadi 2 dari segi umum dan khusus.Dari segi umum yaitu bagaimana cara
kita bisa menempati diri pada situasi tertentu.dan dari segi khusus penerapan
prinsip-prinsip moral dasar pada khidupan yang khusus.
Etika pergaulan bisnis dapat meliputi beberapahal antara lain yaitu:
1.
Hubungan antara bisnis dengan langganan / konsumen
Hubungan antara bisnis dengan langgananya merupakan hubungan
yang paling banyak dilakukan, oleh karena itu bisnis haruslah menjaga etika
pergaulanya secara baik. Adapun pergaulannya dengan langganan ini dapat disebut
disini misalnya saja.melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya.memberikan
kepuasan kpada pelanggan dan juga memberikan pelayanan prima.
Manajer yang pada umumnya selalu berpandangan untuk memajukan bisnisnya sering kali harus berurusan dengan etika pergaulan dengan karyawannya.Pergaulan bisnis dengan karyawan ini meliputi beberapa hal yakni : kita sebagai manajer harus memberikan perhatian kepada karyawan dalam arti harus bisa mengerti karakteristik dari karyawan tsb.harus sering memberikan bonus kerja agar karyawan tsb lebih giat bekerja.
Kita sebagai seorang bisnis harus menjaga pemberian informasi
yang baik dan jujur dari bisnisnya kepada para insvestor atau calon
investornya. Informasi yang tidak jujur akan menjerumuskan para investor untuk
mengambil keputusan investasi yang keliru. Dalam hal ini perlu mandapat
perhatian yang serius karena dewasa ini di Indonesia sedang mengalami lonjakan
kegiatan pasar modal.dan kita harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada
investor agar inverstor merasa nyaman.
Hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan terutama jawatan pajak pada umumnya merupakan hubungan pergaulan yang bersifat finansial. Hubungan ini merupakan hubungan yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan yang berupa neraca dan laporan Rugi dan Laba misalnya. Laporan finansial tersebut haruslah disusun secara baik dan benar sehingga tidak terjadi kecendrungan kearah penggelapan pajak misalnya. Keadaan tersebut merupakan etika pergaulan bisnis yang tidak baik.
5. Hubungan antar bisnis
Hubungan ini merupakan hubungan antara perusahaan yang satu dengan perusahan yang lain Hal ini bisa terjadi hubungn antara perusahaan dengan saingannya, dengan penyalurnya, dengan grosirnya, dengan pengecernya, agen tunggalnya maupun distributornya. Dalam kegiatan sehari-hari tentang hubungan tersebut sering terjadi benturan-benturan kepentingan antar kedunya. Dalam hubungan itu tidak jarang dituntut adanya etika pergaulan bisnis yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar